January 28, 2004

“Nyaman Katiring”

Kalau anda berkesempatan berkunjung ke komplek Pertamina Tanjung, pada sebuah taman anda akan menjumpai plang besar nan indah. Plang tersebut berbunyi “nyaman katiring”. Merasa penasaran dengan plang tersebut, aku bertanya pada temenku arti dari plang itu, lalu rekanku meyakinkan kalau plang itu artinya “nyaman diliat “.

Memang, lingkungan (lay out) komplek pertamina didesain sedemikian rupa sehingga enak untuk diliat, dikunjungi dan yang pasti membuat betah orang yang menempati. Percaya atau tidak, pada saat berkunjung ke daerah ini aku begitu terpesona oleh keindahan tempat ini. Lalu aku berpikir, apakah memang aku akan selamanya hidup disini?. Halaman yang luas dg rumput hijaunya, pohon-pohon tua nan besar dan rindang seperti pohon-pohon di taman koleksi (takol) yang menjadi “simbol” Kampus IPB Baranang Siang lebih menyemarakan lingkungan itu. Itu belum seberapa, disana pula ada lapangan bermain dg patung-patung binatang, lapangan olah raga lengkap, dari lapangan bola volley sampai lapangan golf. Wah!wah!wah! Subhanallah! Lingkungan ini sangat mendukung untuk beraktivitas, berolahraga, mendidik anak dan jangan dilupakan juga untuk beribadah, bukankah kita makhluk spritual (makhluk langit) yang terus-menerus mengalami pengalaman sosial.

Kondisi ini sangat kontras bila dibandingkan dengan Jawa. Padatnya penduduk tapi longgar kontak sosial, lahan yang sudah terkavling-kavling sedemikian rupa mempersempit zona beraktivitas, polusi, belum lagi masalah sampah, ditambah lagi dengan udara politik yang kental karena dekat dengan kekuasaan, dll, dll. (kaya orang LSM ya! he3x). Lalu aku teringat dengan lagu “Pulau Jawa”.


Wahai pulau Jawa
Selamat pagi buatmu
Entah apa kabarmu sekarang
...............................(lupa!)
...............................(lupa juga! he3x)

No comments:

Post a Comment