October 27, 2004

Karena Aku Mencintainya


“Atas nama Ayub Al-Anshari, Ya Allah, karuniakan kepada mereka keluarga yang bahagia karena aku mencintainya”. (Misteri illahi)

Secara tidak sengaja Saya melihat acara TV dini hari dan mendapati kutipan diatas. Kutipan tersebut adalah do’a Zainab ketika berziarah ke Mesjid Ayub Al-Anshari di Istambul dalam cerita Misteri Illahi khas Timur Tengah.

Resensinya demikian : Zainab diceritakan akan menikah dengan pria pujaan hatinya. Sungguh sayang Ia diuji dengan sebuah kecelakaan yang menyebabkan kakinya lumpuh untuk sementara. Ketika keluarganya menangisi atas kecelakaan tersebut, Zainab hanya tersenyum dan mengatakan bahwa pasti ada hikmah dibalik kecelakaannya. Ujian tidak sampai disitu, calon mempelai pria akhirnya membatalkan untuk menikah dengan Zainab.

Singkat cerita, Zainab ingin sekali bertemu dengan kekasih yang telah membatalkan untuk menikah dengannya. Setelah cukup sembuh, dengan bertumpu pada tongkat dan ditemani temannya, Zainab berkunjung ke rumah mantan kekasihnya. Apa yang didapat? Zainab terpana ketika menyaksikan mantan kekasihnya telah berkeluarga dan memiliki satu orang anak. Dengan menumpang mobil (diceritakan dalam cerita itu dikemudikan oleh Nabi Haidir), Ia pergi ke Mesjid Ayub Al-Anshari, Di sana Ia berdo’a untuk kebahagiaan keluarga orang yang dicintainya.

Sungguh dalam hikmah dari cerita tersebut. Pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa kita hendaknya mengambil hikmah atas segala sesuatu, karena memang segala sesuatu tersebut sudah ada yang mengatur. Seperti halnya Zainab, kita hendaknya untuk bisa sabar dan tawakkal karena yakin bahwa Allah maha tahu apa yang terbaik bagi hambanya. Hanya saja, Saya kok! teringat terus dengan do’anya Zainab. Jujur, bahwa itu do’a yang indah dan tulus yang belum pernah Saya dengar sebelumnya.

Ketika sesuatu yang kita cintai terenggut dari kita. Kira-kira apa yang kita akan lakukan?

No comments:

Post a Comment